Beralih dari SPSS ke PSPP

pspplogoBagi anda yang pernah menggunakan statistik untuk tugas  kuliah atau penelitian, tentu  sudah tidak asing dengan software statistik yang bernama SPSS. SPSS populer karena sering dijadikan dasar pengenalan software statistik di perguruan tinggi.  Kini SPSS sudah diakuisisi oleh IBM, menurut informasi dari Wikipedia sejak tanggal 28 Juli 2009, SPSS disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare) sehingga jika kita mencari SPSS versi 18 kini namanya PASW Statistics 18.

Tahukah anda berapa harga SPSS? Saya cek di situs plasasoftware.com, harganya $2,924.00 untuk versi 19.0 atau sekitar 28 juta rupiah, sempat tidak percaya karena Windows 7 Ultimate saja dijual dengan harga 2 juta-an rupiah, saya pikir mungkin salah ketik, kemudian saya cek langsung ke situs IBM ternyata memang benar harganya antara $2,925.00 (harga terendah pada edisi standar) sampai dengan $49,790.00 (harga tertinggi pada edisi premium). Bagi saya, uang sebanyak itu lebih baik untuk membeli sepeda motor atau sepetak sawah di kampung.

Beruntunglah ada orang-orang penggagas konsep open source, saya menemukan PSPP, sebuah software yang mirip dengan SPSS. Besar file yang  harus di-download  pun hanya sekitar 15 MB, bandingkan dengan SPSS versi 18 yang besar file sekitar  308 MB.  PSPP adalah program komputer domain publik GNU untuk analisis statistik. Seperti dikutip dari situs resminya, PSPP merupakan pengganti Gratis untuk program proprietary SPSS, dan tampak sangat mirip dengan beberapa pengecualian. Saya baru mencoba untuk statistik dekriptif, regresi linear, dan Kolmogorov-Smirnov test, dan saya baru menemukan pada menu [Analyze] -> [Descriptive Statistics] hanya terdapat pilihan: Frequencies, Descriptives, Explore, dan Crosstabs, tidak ada perintah Ratio seperti pada SPSS. Gambar di bawah ini  mempelihatkan tampilan PSPP.

pspp-pratinjau

Menurut situs resminya, PSPP tidak membatasi penggunaan fitur dan tidak ada paket-paket tambahan yang harus dibeli  agar bisa mengakses fungsi advance. Berikut  beberapa fitur yang dimiliki oleh PSPP:

  • PSPP mendukung lebih dari satu miliar variabel dan kasus.
  • File PSPP maupun syntax-nya kompatibel dengan SPSS.
  • PSPP menyediakan pilihan tampilan terminal atau GUI (graphical user interface).
  • PSPP menyediakan pilihan format output data dan grafik termasuk PDF, HTML dan ASCII.
  • PSPP bisa bertukar data dengan aplikasi seperti  Gnumerics, OpenOffice.Org, dan free software lainnya.
  • Pengguna PSPP akan mudah mengimpor data yang berasal dari sumber lain seperti file teks atau file spreadsheets.
  • Dan lain-lain sebagaimana tercantum dalam situs resmi PSPP.

Untuk mendownload PSPP silahkan mengunjungi alamat URL ini:  www.gnu.org/software/pspp/get.html.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: